Wednesday, May 21, 2014

Siang bunda,,, masak apa hari ini?? Nah, bagi para mbak-mbak atau bunda-bunda yang lagi bingung mau masak apa, gimana kalau nyoba resep masakan saya yang lumayan mudah dan gak bikin ribet. Bahannya dari hewan laut yaitu cumi-cumi.  Biasanya kita sebagai wanita kan selalu berperan konsumtif neh, suka beli makanan di luar. Nah, gimana kalau kali ini kita berperan produktif, menghasilkan makanan olahan sendiri??? Okey, daripada berlama-lama bicara, yuk kita siapkan bahan-bahannya. 
Cumi-cumi asem manis sederhana 
CUMI_CUMI ASEM MANIS SEDERHANA

Bahan :
Bahan cumi-cumi crispy :
- 1/2 kg cumi-cumi
- 1 buah jeruk nipis
- 1 bungkus merica bubuk
- 1 bungkus penyedap rasa
- 1 bungkus tepung bumbu
- tepung terigu cakra (Secukupnya)
- 1 butir telur ayam
- susu (cair/kental) secukupnya.
Cumi-cumi crispy
Bahan Saus Asem manis
Bahan bumbu halus :
- 2 buah tomat merah
- 2 siung bawang putih
- garam secukupnya
- gula secukupnya
Saus asem manis
Bahan bumbu cincang :
- 3 buah cabe merah
- 10 buah cabe rawit
- 2 buah cabe hijau
- 1 buah bawang bombay

Bahan pelengkap :
- buah mangga muda ( potong sesuai selera)
- 2 buah wortel (potong sesuai selera)
- kubis (sesuai selera)
- 3 batang daun bawang pre
- bawang goreng
- kecap manis
- saos tomat
- 1 sendok tepung maizena
- Air (secukupnya).

Cara membuat :
1. Bersihkan cumi-cumi hingga bersih, buang kantong tintanya agar tidak keracunan. Setelah benar-benar bersih lumuri cumi-cumi dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Setelah 15 menit didiamkan, bersihkan kembali cumi-cumi tersebut, lalu taburi dengan bumbu penyedap dan merica bubuk. Simpan dalam lemari es semalaman. Atau jika kelamaan, cukup didiamkan selama 1 jam agar merica dan penyedap rasanya menyatu di cumi-cumi.
2. Sambil menunggu bumbu di cumi-cuminya meresap, kita bisa menyiapkan bumbu yang akan dihaluskan yaitu bawang putih, tomat, garam dan gula. Dan juga menyiapkan bahan yang dicincang. 
3. Untuk membuat cumi-cumi crispy, pertama kita harus menyiapkan 1 mangkuk untuk tempat telur dan susu. Campur telur dengan susu cair 1 sendok teh saja (atau bisa menggunakan susu kental manis/sesuai selera). 
4. Potong cumi-cumi sesuai bentuk yang Anda inginkan. Setelah dipotong, masukkan cumi-cumi tersebut ke dalam adonan telur dan susu.
5. Siapkan mangkok untuk tempat adonan tepung. Campur tepung bumbu dan tepung terigu lalu lumuri cumi-cumi dengan campuran tepung tersebut. Pijat-pijat halus daging cumi-cuminya agar tepung menempel dengan sempurna di cumi-cumi.
6. Setelah itu goreng cumi-cumi tersebut di dalam wajan dengan api kcbil (agar tidak cepat gosong).
7. Setelah matang tiriskan. Siapkan wajan untuk menumis sausnya.  
8. Masukkan bumbu halus ke wajan,setelah terasa bau harum, masukkan bumbu cincangnya lalu aduk rata. Setelah itu masukkan bahan pelengkap seperti wortel, mangga muda, kubis, dan asam jawa yang telah dipotong sesuai selera. lalu beri sedikit merica, kecap manis dan saos tomat. Masukkan air secukupnya untuk mematangkan bahan pelengkap Yang terakhir beri tepung maizena yang telah di campur dengan air agar sausnya menjadi kental.
9. Setelah selesai cumi-cumi crispy dan saus asem manis siap untuk disajikan. Jangan lupa taburi bawang gorengnya Bisa untuk 4 porsi. Selamat mencoba ^_^
Posted by Indah-haya.blogspot.com On 1:35 AM No comments
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

My Fans

    Blogger news

    Blogroll

    About